Postingan

Bahasa Inggris Part 2

Gambar
  Door : Pintu Clock : Jam Dinding Chair : Kursi Lamp : Lampu Phone : Telepon Rumah Table : Meja Window : Jendela Wall art : Lukisan dinding Tugas : Praktikan cara baca dalam bentuk video, tanpa teks (harus hafal) kirim ke guru kelas, siswa putri berjlbab.

KELAS 6 MATERI BAHASA INDONESIA

Gambar
 TEKS DESKRIPSI  DAN TEKS EKSPLANASI 💗 TEKS DESKRIPSI      Teks deskripsi merupakan teks yang menjelaskan sesuatu hal dengan detail. Teks deskripsi memaparkan ciri-ciri sesuatu. Seperti apakah bentuk teks deskripsi? Mari kita langsung pada contoh, ya!           Monstera, merupakan tanaman yang termasuk ordo alismatales, family araceae, subfamily monsteroideae, dan species monstera deliciosa Liebm. Pada habitat aslinya, tanaman ini dapat tumbuh sebagai tanaman autotrop atau epifit. Tanaman dapat tumbuh menjalar berumpun atau merambat di bawah vegetasi hutan pada intensitas cahaya rendah atau ternaungi.      Sifat tanaman ini tidak menyukai cahaya matahari langsung. Tanaman juga tumbuh optimal pada lingkungan lembap dan tanah bertekstur liat berpasir. Kemudian, yang mengandung banyak bahan organik, drainase baik, dan berikilim tropis bebas dari frost. Walau menyukai tempat yang lembap, tanaman ini termasuk agak toleran terhadap kekeringan dan sangat sensitif terhadap salinitas dan suhu.

KELAS 4 TEMA 3 SUBTEMA (1,2,3) RANGKUMAN PEMEALAJARAN 5

Gambar
BAGIAN TUMBUHAN Bagian tumbuhan kurang lebih ada 6. Akar, batang, daun, bunga, biji, dan buah. Kalian sudah tahu fungsinya bukan. Kalian buka buku pegangan siswa halaman 17. Sesudah belajar tentang bagian tumbuhan. Kita belajar tentang adaptasi makhluk hidup. Nama Hewan/Tumbuhan Bentuk Adaptasi Cumi-cumi/gurita  Mengeluarkan tinta hitam untuk mengelabuhi musuh. Unta Memiliki punuk untuk menyimpan cadangan lemak. Trenggiling Menggulungkan tubuhnya untuk melindungi diri. Elang Memiliki cakar dan kaki tajam merobek makanan. Tumbuhan kaktus Memiliki cadangan air di batangnya. Memiliki duri dibatangnya untuk mengurangi penguapan pada cuaca panas. Tumbuhan putri malu Mengatupkan daun jika disentuh. Tumbuhan jati/mahoni Menggugurkan daunnya mengurangi penguapan di musim kemarau.      Apakah kalian pernah minum jamu? Tahukah

KELAS 4 TEMA 3 SUBTEMA (1,2,3) PEMBELAJARAN 2

Gambar
  Wawancara Adapun unsur-unsur tersebut sebagai berikut. 1.  Pewawancara  atau orang yang mencari informasi. 2.  Narasumber  atau orang yang  memberi informasi atau orang yang diwawancarai. 3.  Tema  atau tentang wawancara ketika wawancara tema menjadi pokok sekaligus pembatasan hal-hal yang dibicarakan. 4.  Waktu  atau kesempatan dan  tempat . Etika atau santun berwawancara. 1. Memastikan kesediaan narasumber untuk diwawancarai. 2. Mengawali berwawancara dengan salam. 3. Menggunakan bahasa  santun. 4. Menghindari pertanyaan yang menyinggung narasumber 5. Menyimpulkan isi informasi. 6. Meminta izin apabila hendak memfoto/ mengambil foto. Adapun sebagai pewawancara, kalian harus memahami etika berwawancara. Etika berwawancara di antaranya berikut. 1. Mengucapkan salam, memperkenalkan diri, dan berterima kasih atas kesempatan yang diberikan. 2. Menggunakan bahasa yang santun. 3. Menyampaikan pertanyaan secara sistematis dan urut. 4. Fokus pada materi wawancara. 5. Tidak menyudutkan naras

KELAS 4 TEMA 3 SUBTEMA (1,2,3) RANGKUMAN PEMBELAJARAN 1

Gambar
  Hak merupakan sesuatu hal yang kita terima Kewajiban merupakan sesuatu yang harus kita lakukan    💥 Kewajiban menjaga sumber daya alam sekitar yang harus kita lakukan adalah sebagai berikut: Membersihkan lingkungan. Merawat tanaman dan sayuran di taman. Tidak merusak tanaman. Menghabiskan makanan yang dimakan. Membuang sampah pada tempatnya.      💥 Sedangkan   hak yang akan kita terima adalah: Lingkungan menjadi bersih dan asri. Dapat menghirup udara dengan baik.           Anak-Anak mempelajari hak dan kewajiban dapat menumbuhkan rasa cinta kita terhadap lingkungan dan semua makhluk yang Allah ciptakan. Mencintai hewan menandakan kita cinta makhluk Allah, bukan. Barang siapa tidak menyayangi tidak akan disayangi. Bentuk sayang kita terhadap hewan, misalnya apa? 1.      💥 Tidak memburunya di hutan. Biarkan mereka hidup bebas di alam mereka. Coba bayangkan jika kita dikurung terus dalam suatu ruangan? Apa yang kamu rasakan? Sedih, terkekang, bosan,

KELAS 4 TEMA 3 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 5

Gambar
  HAL-HAL YANG MERUSAK LINGKUNGAN Sumber daya alam adalah sesutu yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan dan kebutuhan hidup manusia agar lebih sejahtera. Manusia dan sumber daya alam sangat berkaitan. Sumber daya alam merupakan segala sesuatu yang ada secara alami dan dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Beberapa kegiatan manusia yang berpengaruh negatif terhadap sumber daya alam, antara lain: 💟Ladang berpindah 💟Perburan liar 💟penangkapan ikan dengan cara yang tidak tepat 💟Penebangan liar 💟pembukaan hutan SECARA  ILEGAL  kegiatan lainnya yang merusak hutan.   Oleh  karena itu perlu ada tindakan pelestarian sumber daya alam, adapun usaha usaha untuk melestarikan alam diantaranya sebagai berikut : 💟Penanaman kembali hutan hutan yang gundul 💟Menjaga kebersihan lingkungan 💟Membuat terasering pada pertanian di pegunungan 💟Membatasi pengambilan sumber daya alam yang berlebihan.

KELAS 4 TEMA 3 SUBTEMA 3 PEBELAJARAN 2

  PENULISAN HASIL WAWANCARA Berikut format menulis laporan hasil wawancara. 💟LATAR BELAKANG Latar belakang ialah maksud kita melakukan wawancara, menuliskan alasan kita melakukan wawancara. Contoh : Kami siswa kelas 4 mendapat tugas untuk melakukan wawancara tentang petani di sekitar tempat tinggal kami. 💟MAKSUD DAN TUJUAN Menuliskan maksud dan tujuan melakukan wawancara. Contoh : Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mencari informasi  dan memperdalam pemahaman kami tentang berbagai cara bertani untuk menanam padi, yang meliputi proses menanam padi, merawat padi, panen padi, dan menjual padi.   💟TOPIK WAWANCARA Menuliskan topik wawancara Contoh : Petani di Sekitar Rumahku 💟 WAKTU DAN TEMPAT WAWANCARA Menuliskan waktu dan tempat wawancara. Contoh : Wawancara ini dilaksanakan pada : Hari / Tanggal : Kamis, 3 Januari 2019 Waktu : pukul 08.00 – 09.00 Tempat : Tulusbesar, Kec. Tumpang, Kab. Malang 💟LAPORAN HASIL WAWANCARA Menuliskan narasumber, pewawancara, dan hasil wawancara. Contoh