Postingan

KELAS 4 TEMA 3 SUBTEMA (1,2,3) PEMBELAJARAN 2

Gambar
  Wawancara Adapun unsur-unsur tersebut sebagai berikut. 1.  Pewawancara  atau orang yang mencari informasi. 2.  Narasumber  atau orang yang  memberi informasi atau orang yang diwawancarai. 3.  Tema  atau tentang wawancara ketika wawancara tema menjadi pokok sekaligus pembatasan hal-hal yang dibicarakan. 4.  Waktu  atau kesempatan dan  tempat . Etika atau santun berwawancara. 1. Memastikan kesediaan narasumber untuk diwawancarai. 2. Mengawali berwawancara dengan salam. 3. Menggunakan bahasa  santun. 4. Menghindari pertanyaan yang menyinggung narasumber 5. Menyimpulkan isi informasi. 6. Meminta izin apabila hendak memfoto/ mengambil foto. Adapun sebagai pewawancara, kalian harus memahami etika berwawancara. Etika berwawancara di antaranya berikut. 1. Mengucapkan salam, memperkenalkan diri, dan berterima kasih atas kesempatan yang diberikan. 2. Menggunakan bahasa yang santun. 3. Menyampaikan pertanyaan secara sistematis dan urut. 4. Fokus pada materi wawancara. 5. Tidak menyudutkan naras

KELAS 4 TEMA 3 SUBTEMA (1,2,3) RANGKUMAN PEMBELAJARAN 1

Gambar
  Hak merupakan sesuatu hal yang kita terima Kewajiban merupakan sesuatu yang harus kita lakukan    ðŸ’¥ Kewajiban menjaga sumber daya alam sekitar yang harus kita lakukan adalah sebagai berikut: Membersihkan lingkungan. Merawat tanaman dan sayuran di taman. Tidak merusak tanaman. Menghabiskan makanan yang dimakan. Membuang sampah pada tempatnya.      ðŸ’¥ Sedangkan   hak yang akan kita terima adalah: Lingkungan menjadi bersih dan asri. Dapat menghirup udara dengan baik.           Anak-Anak mempelajari hak dan kewajiban dapat menumbuhkan rasa cinta kita terhadap lingkungan dan semua makhluk yang Allah ciptakan. Mencintai hewan menandakan kita cinta makhluk Allah, bukan. Barang siapa tidak menyayangi tidak akan disayangi. Bentuk sayang kita terhadap hewan, misalnya apa? 1.      ðŸ’¥ Tidak memburunya di hutan. Biarkan mereka hidup bebas di alam mereka. Coba bayangkan jika kita dikurung terus dalam suatu ruangan? Apa yang kamu rasakan? Sedih, terkekang, bosan,

KELAS 4 TEMA 3 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 5

Gambar
  HAL-HAL YANG MERUSAK LINGKUNGAN Sumber daya alam adalah sesutu yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan dan kebutuhan hidup manusia agar lebih sejahtera. Manusia dan sumber daya alam sangat berkaitan. Sumber daya alam merupakan segala sesuatu yang ada secara alami dan dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Beberapa kegiatan manusia yang berpengaruh negatif terhadap sumber daya alam, antara lain: 💟Ladang berpindah 💟Perburan liar 💟penangkapan ikan dengan cara yang tidak tepat 💟Penebangan liar 💟pembukaan hutan SECARA  ILEGAL  kegiatan lainnya yang merusak hutan.   Oleh  karena itu perlu ada tindakan pelestarian sumber daya alam, adapun usaha usaha untuk melestarikan alam diantaranya sebagai berikut : 💟Penanaman kembali hutan hutan yang gundul 💟Menjaga kebersihan lingkungan 💟Membuat terasering pada pertanian di pegunungan 💟Membatasi pengambilan sumber daya alam yang berlebihan.

KELAS 4 TEMA 3 SUBTEMA 3 PEBELAJARAN 2

  PENULISAN HASIL WAWANCARA Berikut format menulis laporan hasil wawancara. 💟LATAR BELAKANG Latar belakang ialah maksud kita melakukan wawancara, menuliskan alasan kita melakukan wawancara. Contoh : Kami siswa kelas 4 mendapat tugas untuk melakukan wawancara tentang petani di sekitar tempat tinggal kami. 💟MAKSUD DAN TUJUAN Menuliskan maksud dan tujuan melakukan wawancara. Contoh : Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mencari informasi  dan memperdalam pemahaman kami tentang berbagai cara bertani untuk menanam padi, yang meliputi proses menanam padi, merawat padi, panen padi, dan menjual padi.   💟TOPIK WAWANCARA Menuliskan topik wawancara Contoh : Petani di Sekitar Rumahku 💟 WAKTU DAN TEMPAT WAWANCARA Menuliskan waktu dan tempat wawancara. Contoh : Wawancara ini dilaksanakan pada : Hari / Tanggal : Kamis, 3 Januari 2019 Waktu : pukul 08.00 – 09.00 Tempat : Tulusbesar, Kec. Tumpang, Kab. Malang 💟LAPORAN HASIL WAWANCARA Menuliskan narasumber, pewawancara, dan hasil wawancara. Contoh

KELAS 4 TEMA 3 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 1

Gambar
  KEWAJIBAN MENCINTAI LINGKUNGAN Anak-anak kita wajib memilihara lingkungan. Lingkungan akan nyaman, asri jika kita menjaganya. Coba jika kita tidak menjaganya dengan baik, apa yang akan terjadi? Pasti lingkungan kita menjadi tidak terawatt, kotor. Kalian tahu, bahwa banjir, tanah longsor sebenarnya adalah ulah tangan manusia. Artinya, manusia tersebut tidak bertanggung jawab. Kewajiban apa saja yang dapat kita lakukan sebagai upaya kita menciptakan lingkungan? Membuang sampah pada tempatnya. Tidak di sungai, tidak juga di selokan. Jika mencari ikan, kita tidak menggunakan bom ikan, karena bisa mematikan semua hewan di laut. ​​​​​​​Tidak membakar sampah sembarangan. Melakukan reboisasi. Reboisasi adalah penanaman kembali pada hutan yang gundul. Membuat beton di bantaran sungai. Memburu hewan liar. Merusak tanaman. Membakar hutan. Itulah beberapa kewajiban yang harus kita lakukan. Jika kita tidak melakukannya, apa yang akan terjadi? Lingkungan menjadi kumuh dan kotor.  ​​​​​​​ Ekosistem

KELA 6 TEMA 3 BAHASA INDONESIA

Gambar
  MENEMUKAN INFORMASI PENTING DALAM TEKS BACAAN Prinsip kita dalam menemuka informasi pada teks bacaan menggunakan prinsip 5W+1H. What, who, where, why, when dan how.  Kurang lebih demikian. Jika kalian ingin mengetahui informasi penting, maka perhatikan bagan di atas. Misalnya peristiwa berikut : KOMPAS.com -       Hari ini 75 tahun lalu, tepatnya 17 Agustus 1945, Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya. Detik-detik proklamasi 17 Agustus 1945 didahului dengan beberapa peristiwa penting. Beberapa hari menjelang proklamasi terjadi peristiwa Rengasdengklok yang ditandai menyerahnya Jepang kepada Sekutu, hingga penyusunan naskah proklamasi. Jepang lumpuh karena hantaman bom atom pada 9 Agustus 1945 di Kota Nagasaki. Mereka menyerah kepada Sekutu pada 15 Agustus 1945. Awalnya, kemerdekaan Indonesia akan dihadiahkan oleh Jepang dengan dibentuknya Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI).        Ir. Soekarno juga sudah memiliki pandangan sendiri akan memproklamasikan kemerdekaan pada

KELAS 4 TEMA 3 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 5

Gambar
 Hewan memiliki karakteristik yang berbeda. Baik ciri-cirinya, tempat tinggal, bentuk adaptasi terhadap lingkungan, dan cara melindungi dirinya. Contoh kelelawar yang memiliki kemampuan ekolokasi yakni mendengar bunyi yang frekuensinya tinggi. Sehingga ia dapat memperkirakan jarak rintangan terhadap mangsanya. Tidak hanya itu, hewan lain seperti cicak juga mempunyai ciri khusus lho. Yakni kemampuan ototomi memutuskan ekornya ketika ia dalam bahaya. Masih banyak lagi, mari identifikasi Nama Hewan Ciri Khusus Karakteristik tempat hidup Bernapas dengan paru-paru. Berdarah panas/ homoiterm, fungsinya untuk menjaga suhu agar tetap stabil Air laut Mimikri adalah kemampuan merubah warna ubuh sesuai dengan tempat dia hinggap. Lidah panjang untuk menangkap mangsa dari jarak jauh. darat Memiliki kaki yang lebar guna berenang Memiliki paruh yang lebar untuk memangsa ikan Darat Air Memiliki bulu yang tebal untuk menghangatkan tubuhnya. Memiliki kuku, gigi tajam untuk memakan daging. Daerah penuh e