KELA 6 TEMA 3 BAHASA INDONESIA

 

MENEMUKAN INFORMASI PENTING DALAM TEKS BACAAN

Prinsip kita dalam menemuka informasi pada teks bacaan menggunakan prinsip 5W+1H. What, who, where, why, when dan how. 

Fenomena alam yang Mengandung 5w+1h - Brainly.co.idKurang lebih demikian. Jika kalian ingin mengetahui informasi penting, maka perhatikan bagan di atas. Misalnya peristiwa berikut :

KOMPAS.com - 

    Hari ini 75 tahun lalu, tepatnya 17 Agustus 1945, Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya. Detik-detik proklamasi 17 Agustus 1945 didahului dengan beberapa peristiwa penting. Beberapa hari menjelang proklamasi terjadi peristiwa Rengasdengklok yang ditandai menyerahnya Jepang kepada Sekutu, hingga penyusunan naskah proklamasi. Jepang lumpuh karena hantaman bom atom pada 9 Agustus 1945 di Kota Nagasaki. Mereka menyerah kepada Sekutu pada 15 Agustus 1945. Awalnya, kemerdekaan Indonesia akan dihadiahkan oleh Jepang dengan dibentuknya Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI).

       Ir. Soekarno juga sudah memiliki pandangan sendiri akan memproklamasikan kemerdekaan pada 17 Agustus 1945. Akan tetapi, dengan menyerahnya Jepang kepada Sekutu membuat sekelompok orang ingin kemerdekaan Indonesia disegerakan tanpa menunggu keputusan Jepang. Hal itu menimbulkan perbedaan pendapat antara golongan tua dengan golongan muda yang terdiri atas beberapa perkumpulan. Golongan muda ingin kemerdekaan segera diproklamasikan. Sebaliknya, golongan tua tidak sepakat karena tidak ingin ada pertumpahan darah, mengingat anggota pasukan Jepang di Indonesia masih banyak. Hal tersebut berlanjut pada penculikan Soekarno dan Mohammad Hatta oleh sekelompok pemuda. Soekarno-Hatta diculik pada 16 Agustus 1945 dan dibawa ke Rengasdengklok, sebuah kota kecil dekat Karawang.

      Perumusan teks proklamasi dilakukan di ruang makan kediaman Laksamana Muda Maeda Tadashi. Teks dirumuskan bersama oleh Soekarno, Hatta, dan Achmad Soebardjo. Kalimat pertama proklamasi merupakan saran dari Achmad Soebardjo. Sedangkan kalimat terakhir disempurnakan oleh Mohammad Hatta. Bagi Hatta, kalimat pertama merupakan pernyataan dari kemauan bangsa Indonesia dalam menentukan nasibnya. Pada 17 Agustus 1945 pukul 04.00 WIB, Soekarno membuka pertemuan dini hari dan naskah proklamasi kemudian diketik oleh Sajuti Melik. Setelah jadi, Soekarno dan Hatta langsung menandatangani teks tersebut.

       Mereka telah sepakat untuk memproklamasikan kemerdekaan bangsa Indonesia di rumah Soekarno, Jalan Pegangsaan Timur No 56 Jakarta pada pukul 10.00 WIB (atau Waktu Jawa menurut versi lain). Mohammad Hatta berpesan kepada para pemuda yang bekerja sebagai pekerja pers dan di kantor berita untuk memperbanyak naskah proklamasi dan menyebarkannya ke seluruh dunia.

 

Bacalah dengan seksama terlebih dahulu ya.
Sumber bacaan : Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Hari Ini dalam Sejarah: Mengenang Detik-detik Proklamasi 17 Agustus 1945", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/tren/read/2020/08/17/060500865/hari-ini-dalam-sejarah-mengenang-detik-detik-proklamasi-17-agustus-1945?page=all.
Penulis : Nur Fitriatus Shalihah
Editor : Inggried Dwi Wedhaswary

💥TUGAS : ULANGAN HARIAN SIDIKMU

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KELAS 4 TEMA 2 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 2

Tematik Kelas 4, Tema 1 Subtema 2 (SBDP, 29 Juli 2020)

KELAS 4 TEMA 2 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 1