KELAS 6 TEMA 1 (Bahasa Indonesia)

 Menyimpulkan Teks Bacaan

Menyimpulkan isi teks merupakan kegiatan menuliskan karangan panjang menjadi ringkas dan lebih pendek.Membaca naskah Asli. Mencatat gagasan utama. Bahasa baku merupakan bahasa yang formal di gunakan.  Beberapa contoh penulisan bahasa baku yang benar, coba nanti kalian hafalkan di rumah.

Daftar Kosakata Baku

Apotik            = Apotek

Atlit                 = Atlet

Nasehat          = Nasihat

Jaman             = zaman

Ijin                  = izin

Ijasah              = ijazah

Berikut adalah contoh meringkas teks.

     Proses fotosintesis adalah salah satu ciri dan kegiatan penting yang dilakukan oleh tumbuhan. Tumbuhan, berbeda dengan jenis organisme lainnya, mereka bisa menghasilkan makanan sendiri lewat proses fotosintesis tersebut. Namun fotosintesis tidak akan terjadi apabila semua syaratnya belum terpenuhi. Nah, karena tumbuhan sangat bermanfaat untuk manusia, tidak ada salahnya apabila kita mulai mengenal bagaimana cara tumbuhan bertahan hidup. Mulai dari bagaimana mereka bisa menghasilkan makanan sendiri, sampai apa saja syarat terjadinya fotosintesis.

Diringkas menjadi:

    Proses fotosintesis adalah kegiatan penting yang dilakukan oleh tumbuhan. Tumbuhan merupakan spesies yang dapat membuat makanan sendiri lewat fotosintesis. 

💟 Tugas 

Ringkaslah menjadi rangkuman yang pendek di HVS!

  20 Contoh Hewan Ovipar Lengkap Dengan Pengertian Dan Gambar Perkembangbiakan generatif adalah perkembangbiakan dengan cara kawin.  Perkembangbiakan generatif ini pada hewan ini ada 3 macam: Vivipar (beranak) Hewan yang masuk kelompok vivipar adalah hewan yang berkembang biak dengan cara beranak atau melahirkan. Hewan seperti ini dikenal dengan hewan mamalia atau menyusui. Induk hewan akan mengandung selama beberapa bulan dan melahirkan anaknya. Oiya, lamanya masa kehamilan ini berbeda antar setiap jenis hewan. Ciri-ciri umum hewan vivipar adalah menyusui anaknya, mempunyai daun telinga, dan tubuhnya ditutupin rambut. Contoh hewan vivipar adalah kambing, sapi, anjing, kucing, kelinci, dan banyak lagi.

    Ovipar ini berasal dari kata ovum yang artinya telur. Jadi, hewan yang masuk kelompok ini berkembang biak dengan cara bertelur. Ovum yang dihasilkan oleh induk hewan, yang sudah dibuahi oleh sel telur jantan akan menjadi zigot. Lalu, berkembang sampai menjadi hewan baru. Kemudian induk hewan akan mengeluarkan telurnya. Telur itu kemudian akan menetas menjadi hewan baru.Ini ada beberapa ciri hewan ovipar yaitu tidak menyusui anaknya, tidak punya daun telinga, induk suka mengerami telurnya, dan kebanyakan adalah unggas.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

KELAS 4 TEMA 2 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 2

Tematik Kelas 4, Tema 1 Subtema 2 (SBDP, 29 Juli 2020)

KELAS 4 TEMA 2 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 1