Kelas 4 Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 5

Energi yang Bisa Diperbarui

๐Ÿ’Ÿ Macam-Macam Energi yang Bisa Diperbarui

     Assalamulaikum, anak-anak! Sebelum mulai membaca kita berdoa dulu, ya agar ilmu kita bermanfaat. Berdoa selesai. Kita mulai ya. Siapkan? 
Anak-anak mengapa kamu dihimbau untuk berhemat energi? Jawabannya adalah karena energi akan cepat habis, dan ada energi yang tidak bisa diperbarui. Namun ada energi yang bisa diperbarui lho. Apa saja itu?
Yuk kita simak. 

  • Matahari
7 Alasan Indonesia Tak Gunakan Pembangkit Listrik Tenaga Surya
       Matahari merupakan energi yang paling besar di bumi. Energi matahari bisa masuk dalam kategori energi yang dapat diperbarui, artinya energi tersebut tidak akan habis jika digunakan. Energi sinar matahari, atau energi surya, dapat digunakan untuk pemanasan rumah, pencahayaan dan pendinginan dan bangunan lainnya, pembangkit listrik, pemanas air, dan untuk proses fotosintesis tumbuhan.

  • Angin
Kincir angin - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
    Angin merupakan udara yang bergerak. Angin masuk kategori energi yang bisa diperbarui, karena tidak habis. Angin berfungsi menggerakan kapal layar dan kincir angin untuk menggiling gandum. Energi angin ditangkap oleh turbin angin dan digunakan untuk menghasilkan listrik. Ternyata tidak hanya untuk berdingin-dingin saja ya. Banyak manfaatnya. 

  • Air (Hydropower)
        Air masuk dalam kategori energi yang bisa diperbarui. Air memang tak batas jumlahnya, tapi tetap kita harus hemat energi. Air berfungsi sangat banyak. Untuk minum, menggerakan kincir air sebagai pembangkit listrik.Air yang mengalir digunakan untuk memutar turbin yang mendorong proses  memutar generator. Energi air mengalir dapat digunakan untuk menghasilkan listrik.
  • Energi Biomassa
Contoh Energi Biomassa | CangkangSawit.id
    Biomassa menjadi sumber energi penting sejak orang pertama mulai membakar kayu untuk memasak makanan dan menghangatkan diri melawan dinginnya musim dingin. Biomassa dari pangan, rumput dan tanaman lain, limbah pertanian. 

  • Hidrogen 
Hidrogen Solusi Energi Pilihan Masa Depan Bagi Pertamina untuk Indonesia  Halaman 1 - Kompasiana.com
    Hidrogen memiliki potensi yang luar biasa sebagai sumber bahan bakar dan energi. Hidrogen juga mengandung air. Wujudnya seperti gas, dinamakan gas hidrogen. Hidrogen dapat digunakan untuk menggerakkkan kendaraan, menggantikan gas alam untuk pemanasan dan memasak, dan untuk menghasilkan listrik.

  • Energi Panas Bumi
Keuntungan dan Kerugian Energi Panas Bumi atau Geotermal | Gurugeografi.id
    Panas di dalam bumi menghasilkan uap dan air panas dan digunakan untuk pembangkit listrik dan menghasilkan listrik lho.. Energi panas bumi bisa untuk  pemanasan rumah dan pembangkit listrik untuk industri juga Energi panas bumi diambil dari waduk bawah tanah dengan pengeboran.

  • Energi Ombak/ samudra
Indonesia Untung Kembangkan Teknologi Energi Gelombang Laut - Portal  Industri & Investasi Kemaritiman

    Laut di Indonesia sangat luas dan gelombangnya kuat. Ombak yang kencang tersebut dapat dimanfaatkan lho. Energi pasang surutnya bisa digunakan untuk  dimanfaatkan untuk menghasilkan listrik.  Energi laut memerlukan teknologi memang mahal dibandingkan dengan sumber energi lainnya, tapi di masa depan energi ombak akan bisa dimanfaatkan lebih canggih lagi.

๐Ÿ’˜๐Ÿ’˜๐Ÿ’˜๐Ÿ’˜

Tumbuhan yang Dipakai Untuk Energi Alternatif

  • Jeruk Nipis 
Listrik Pohon Kedondong?! Halaman all - Kompasiana.com
    Mengandung vitamin C yang memiliki rasa masam . Jeruk juga menghasilkan energi listrik.
  • Jagung 
5 Alasan Bioetanol Menjadi Bahan Bakar Ideal Pembakaran Pada Mesin Halaman  all - Kompasiana.com
Jagung digunakan untuk bahan biodiesel, digunakan untuk membuat campuran plastik.  Hasil pengolahan jagung menjadi bioetanol pengganti minyak bumi atau bahan bakar kendaraan. Mengapa? Karena bernilai oktan tinggi sehingga proses pembakaran menjadi sempurna dan baik untuk kendaraan bermotor. 
  • Singkong
TEKNIK PEMBUATAN BIOETHANOL DARI UBI KAYU ::
    Singkong dapat diolah menjadi bioetanol pengganti bahan bakar. Singkongnya harus yang bagus, memiliki pati, gula di dalam kandungannya. 

๐Ÿ’Ÿ TUGAS
1. MengerjakanLKS halaman 62-68 (Kecuali Matematika)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KELAS 4 TEMA 2 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 2

Tematik Kelas 4, Tema 1 Subtema 2 (SBDP, 29 Juli 2020)

KELAS 4 TEMA 2 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 1